Jenis Aplikasi Sumber Daya Manusia, Manfaat dan Tips Memilihnya yang Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Mengelola sumber daya manusia pada sebuah perusahaan tertentu membutuhkan keahlian khusus dari personil HRD yang ada. HRD sebagai divisi paling bertanggung jawab, memiliki beban yang berat untuk memastikan setiap proses pengelolaan berjalan dengan baik dan berhasil. Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi sumber daya manusia yang dapat membantu proses tersebut.

Pada umumnya aplikasi sumber daya manusia digolongkan menjadi 3 yaitu aplikasi sumber daya manusia, HCM, dan HRMS. aplikasi sumber daya manusia merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengelola sumber daya manusia, kebijakan, dan prosedur perusahaan. HCM merupakan aplikasi yang mencakup fungsi dari aplikasi sumber daya manusia, manajemen HR, dan kemampuan global. HRMS merupakan aplikasi yang mencakup semua fungsi aplikasi sumber daya manusia dan HCM, serta manajemen waktu.

Namun di Indonesia sendiri ada tiga jenis aplikasi sumber daya manusia yang paling banyak dicari oleh perusahaan untuk mengelola kebutuhan HR berdasarkan fungsinya. Tiga tipe aplikasi sumber daya manusia berdasarkan fungsinya, antara lain:

1. Aplikasi sumber daya manusia Operasional

Jenis aplikasi sumber daya manusia yang pertama adalah operational aplikasi sumber daya manusia. Aplikasi sumber daya manusia Operasional merupakan aplikasi sumber daya manusia dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR hanya dalam lingkup operasional, mulai dari administrasi karyawan, sampai ke pengelolaan absensi dan payroll atau penggajian. Sistem ini memungkinkan manajer untuk melihat keseluruhan data karyawan termasuk posisi masing-masing dan juga peraturan pemerintah terkait ketenagakerjaan.

2. Aplikasi sumber daya manusia Tactical

Aplikasi sumber daya manusia Tactical merupakan aplikasi sumber daya manusia dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR dalam manpower planning, recruitment, dan training / development. Jenis aplikasi sumber daya manusia ini akan mendukung perusahaan dengan menyediakan data yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Misalnya informasi dari supervisor, karyawan, serikat pekerja, peraturan pemerintah, kompetitor dan lainnya.

3. Aplikasi sumber daya manusia Strategic

Aplikasi sumber daya manusia Strategic adalah aplikasi sumber daya manusia dengan pilihan modul terintegrasi yang membantu perusahaan menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya. ujuan utama dari jenis aplikasi sumber daya manusia ini adalah mengetahui dengan jelas mengenai SDM dan perencanaan pekerjaannya secara keseluruhan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi sumber daya manusia

1. Pekerjaan Berulang Dapat Diotomasi

Pekerjaan tim personalia yang berulang seperti perekapan absen, proses pendistribusian gaji, perhitungan pajak penghasilan karyawan, perhitungan payroll, dan lain-lain dapat dilakukan secara otomatis. Hal ini tentu akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat serta praktis.

2. Mempermudah Kontrol terhadap Kinerja Pegawai

Dalam aplikasi sumber daya manusia ini, dapat dibuat suatu sistem penilaian kinerja. Sehingga Manajer HR dapat mengontrol kinerja pegawai serta membandingkan kinerja tersebut dengan target atau key performance indicator yang sebelumnya juga telah ditetapkan dalam aplikasi sumber daya manusia.

3. Biaya Operasional Menjadi Lebih Kecil

Dengan sistem Human Resource Information System yang baik, biaya operasional seperti penggunaan kertas atau aplikasi-aplikasi lainnya dan biaya lembur akan berkurang secara drastis.

4. Memudahkan Proses Penerimaan Karyawan Baru

Di dalam pengertian aplikasi sumber daya manusia ini akan tampak, bagian mana yang membutuhkan pegawai baru, apa kriteria yang diperlukan dan lain-lain.

Sehingga akan memudahkan manajer HR dalam proses pemilihan pegawai, sampai dengan penempatannya di organisasi perusahaan.

5. Membantu dalam Proses Pengambilan Keputusan

Sistem informasi terkait sumber daya manusia yang baik dapat memberikan informasi yang tepat sekaligus cepat, karena sifatnya yang terpusat dan otomatis. Sehingga manajer HR dapat mengakses informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan kapanpun dengan segera.

6. Mengurangi Human Error

Dengan menggunakan aplikasi sumber daya manusia, kesalahan perhitungan yang sering terjadi pada perhitungan manual dapat diminimalisasi.

7. Fleksibel dalam Akses Data

Aplikasi pendukung aplikasi sumber daya manusia, biasanya adalah aplikasi yang terhubung secara online. Oleh karena itu, data dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Anda sebagai pemilik perusahaan atau manajer HR dapat melakukan control atau pemeriksaan dengan fleksibel dan leluasa.

8. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Karyawan dapat meningkat kepuasan kerjanya, karena melalui Human Resource Information System komunikasi antara pegawai dengan tim personalia dapat dilakukan dengan lebih mudah dan transparan.

Selain itu minimnya kesalahan dalam perhitungan gaji dan pajak, tentu akan meningkatkan kepercayaan pegawai kepada perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan motivasi pegawai dalam bekerja.

Cara Memilih Aplikasi HR Terbaik untuk Perusahaan!

Aplikasi HR terbaik memiliki peran yang sangat penting pada perusahaan, salah satunya mengelola administrasi karyawan setiap bulannya. Di zaman modern ini banyak penyedia aplikasi HR yang bersaing dengan aneka fitur yang ditawarkan untuk anda.

Namun beberapa fitur sofware HR yang di tawarkan mungkin tidak anda butuhkan atau mungkin hanya beberapa fitur saja yang anda butuhkan. Karena itu, Anda tak bisa asal memilih aplikasi HR begitu saja. Anda harus memilih sofware HR yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang anda kelola. Berikut ini cara memilih aplikasi HR terbaik untuk perusahaan.

1. Kebutuhan Perusahaan

Dalam memilih aplikasi HR anda tidak bisa memilih begitu saja, namun sebaiknya dalam memilih aplikasi HR itu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Karena nantinya aplikasi HR ini yang akan mengakomodir kebutuhan administrasi personalia perusahaan. Pastinya anda tidak ingin dibuat kerepotan dengan adanya aplikasi HR ini. Maka dari itu anda dapat memulai dari membuat daftar kebutuhan apa saja yang anda perlukan dalam aplikasi HR system.

2. Fitur-Fitur yang Tawarkan

Setelah anda membuat daftar kebutuhan administrasi personalia perusahaan, anda dapat mencari tahu tentang fitur yang di tawarkan oleh sebuah aplikasi HR. Pastikan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang anda kelola. Tak lupa anda harus tau fitur unggulan apa yang di tawarkan. Pilihlah aplikasi HR yang menyediakan fitur lengkap sehingga dapat dengan mudah Anda atur berdasarkan kondisi karyawan.

3. Mudah Dipahami

Jika anda sudah memahami fitur-fitur  aplikasi HR yang di tawarkan, maka selanjutnya anda dapat melihat apakah aplikasi HR tersebut mudah di gunakan atau tidak. Karena tujuan utama suatu perusahaan menggunakan aplikasi HR  adalah untuk mempermudah kinerja bagian personalia. Pemilihan aplikasi HR dengan tampilan rumit dan sulit dipahami tentu justru dapat mempersulit kinerja anda dalam mengelola perusahaan.

Faktor semacam ini amat penting untuk diperhatikan karena tampilan yang sederhana dan mudah dipahami membuat anda  tak perlu bersusah payah mempelajari aplikasi yang terlalu teknis. Selain itu pilihlah penyedia aplikasi HR yang memberikan pelatihan dalam penggunaan dan ada cusstomer service yang dapat di hubungi jika anda mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi.

4. Biaya yang dikeluarkan

Penyedia aplikasi HR sangatlah banyak dan harganya pun beragam. Anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang di berikan oleh perusahaan dalam memilih aplikasi HR. Sebaiknya anda membandingkan terlebih dahulu harga dan kualitas layanan yang di berikan masing-masing penyedia aplikasi HR. Selain itu aplikasi HR dengan harga mahal belum tentu memmudahkan anda dalam mengelola perusahaan. Sesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan agar mempermudah anda dalam memilih aplikasi HR.

Itu tadi beberapa cara memilih aplikasi HR terbaik untuk perusahaan. Dengan melihat 4 poin diatas anda akan mendapatkan aplikasi hr terbaik yang sangat berguna bagi perusahaan. Salah satu aplikasi sumber daya manusia terbaik saat ini adalah Talenta dari Mekari.

Talenta by Mekari, Rekomendasi Software untuk Membuat Jadwal Kerja dan Shift Karyawan

Talenta adalah salah satu merk aplikasi sumber daya manusia (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam software Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.